Arsitektur
Online Shoping
Definisi
Online shoping à
adalah suatu bentuk usaha yang bergerak di bidang penjualan produk atau jasa secara
online. Beberapa contoh website online shopping diantaranya : - OkeZone.com ,
Lazzadashop.com, celebrityandstars.com
, Tokobagus.com , Berniaga.com , dll.
Ada pun karakter karakter dari
Online Shoping ini yaitu :
- Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan untuk umum.
- Servis yang diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh banyak orang, contohnya: karena sistem WEB sering digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis WEB.
- Servis diberikan berdasarkan permohonan . dalam kondisi ini, customers memberikan suatu ide (inisiatif) dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
- Transaksi sederhana
- Membangun privasi dan kepercayaan pada konsumen
- Menciptakan ketergantungan dan loyalitas
- Kelengkapan, keragaman dan ketersediaan barang dan jasa.
Contoh-Contoh
pelayanan dalam Online Shoping :
- Memuat contoh produk yang dijual beserta informasinya.
- Melakukan transaksi penjualan barang.
- Melakukan transaksi pembayaran barang.
- Melakukan transaksi pengiriman barang.
- Membuat berita-berita terbaru tentang produk.
- Menginformasikan lokasi penjualan dan layanan.
- Memberikan service secara lengkap.
Produk
Produk dalam bisnis Online Shoping :
- Produk Digital (Soft Goods), seperti lagu, album, film, program komputer, update dan jasanya.
- Produk Fisik (Hard Goods)merupakan suatu produk yang tidak dapat dikonsumsi sesegera mungkin (secara langsung) setelah diunduh. Contoh: DVD, kaset dan lain sebagainya.
Ada
4 macam tipe Online shoping , yaitu ;
1. Auction Store
Tempat
untuk memberikan pelayanan dalam bidang perdagangan. Misalnya untuk pengiklanan
produk perusahaan, cara pembayaran dan sebagainya. Contoh: www.ebay.com
, www.swinde.com
2. Online Store
Tempat
untuk menjual atau membeli secara digital dengan memilih, memesan barang lewat
internet tanpa harus bertatap muka dengan penjual secara langsung maupun barang
yang ingin dibeli. Contoh: www.Amazon.com , www.tokopedia.com
3. Online Service
Tempat
untuk meminta informasi dan service lain dari perusahaan dengan cepat dan mudah
atau dapat melakukan proses jual beli, misalnya jasa tiket perjalanan, jasa
service dan lain-lain. Contoh: www.wotif.com , www.airasia.com
, www.bliztmegaplex.com
4. Other Service
Layanan
yang menyediakan fasilitas untuk penjualan produk dan jasa diluar klasifikasi
yang telah dijabarkan sebelumnya. Contoh: www.kaskus.co.id
, www.facebook.com
Keuntungan
dan Kerugian/Kelemahan dalam Online Shoping :
- Keuntungan Online Shoping bagi perusahaan adalah:
- Dapat mempromosikan produk mereka secara luas ata dalam arti kata secara global , karena siapapun bisa mengakses ke dalam website online shoping tersebut .
- Dapat melayani transaksi full time tanpa adanya waktu libur.
- Dalam Online shoping ini penjual atau perusahaan otomatis berinteraksi langsung dengan pembeli atau dengan kata lain tanpa perantara
- Meminimalisir biaya yang keluar/ hemat biaya
- Keuntungan Online Shoping bagi pelanggan adalah:
- Pembeli dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapan pun, otomatis lebih praktis.
- Sistem pembayaran dalam online shoping ini juga relatif lebih mudah dan praktis karena pembeli tinggal mentransfer dana untuk pembayaran menggunakan e-banking.
- Kelemahan Online Shoping
- Produk yang kita order tidak dapat kita lihat secara langsung dan kita teliti (periksa) lebih lanjut.
- Produk yang kita lihat di website, terkadang tidak sesuai seperti aslinya. Maksudnya ada perbedaan bentuk, warna, ukuran dan lain sebagainya.
- Proses Pembayaran nya terbatas, misalkan orang tidak mempunyai kartu kredit atau e-banking dan semacam nya
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Online_Shopping_System_Use_Case_Model.jpg
0 comments:
Posting Komentar