Etika profesi :
@ Etika ketika wawancara / interview kerja :
refrensi : http://albertus-apaajaboleh.blogspot.com/2012/12/makalah-etika-umum-tentang-etika.html
- Etika umum ketika melamar pekerjaan :
@ Etika membuat surat lamaran dan CV
1. Cantumkan data selengkap mungkin agar kesan pertamamu baik di mata calon bosmu.
2. Ketiklah dengan rapi diatas kertas dengan ukuran kuarto atau A4. Kecuali bila kamu di minta menulis dengban tangan tulislah dengan tangan secara rapi.
3. Periksalah apakah anda salah ketik atau ejaan. Apakah alamat dan nama orang yang dituju sudah benar.
4. Bila Anda melamar dalam CV pastikan Anda mencantumkan hal-hal berikut :
a. Data peribadi .
b. Pendidikan formal dan nonformal yang sudah dan sedang di jalani.
c. Pengalaman organisasi, pengalaman bekerja, dan hobi (atau salah satunya) yang akan menegaskan bahwa anda cocok menempati posisi yang dilamar.
d. Jangan lupa sisipkan kartu nama (atau tulis nomor kontak anda disetiap halaman surat lamaran dan CV).
Jangan membuat kesalahan dalam menulis, jangan membuat riwayat hidup dan mengirimnya ke semua orang. Anda harus membuat surat lamaran khusus untuk setiap lowongan pekerjaan yang anda incar dan menyesuaikan riwayat hidup sesuai dengan permintaan di tempat anda melamar kerja. Harus membuat status perkawinan, Agama, dan asal suku anda. Jangan meremehkan pendidikan dasar anda, dan jangan pernah mengosongkan data atau tahun, karna itu bisa membuat orang salah paham pada anda orang mengira anda Sedang melarikan diri dari penjara atau mengira anda buronan polisi.
@ Etika ketika wawancara / interview kerja :
a) Datanglah lebih awal (10-15 menit sebelum wawancara di mulai)
b) Berpakaian pantas / Rapih (kemeja + celana bahan hitam + Sepatu pantofel)
c) Membawa alat tulis (untuk berjaga" )
d)Pasang wajah ceria atau senyum. Sapalah si pewawancara dengan sopan. Misalnya memakai kata “Pak” atau ”Bu”
e) Jabatlah tangan dengan mantap. Menjabat tangan dengan asal-asalan bisa diartikan kamu tidak pede, atau tidak pedili. Lakukan duakali, ketika bertemu dan ketika wawancara usai
f) Saat wawancara :
1. Serius tapi santai, rilek, dan tidak tegang.
2. Tunjukan antusias dan semangat, untuk menunjukan kamu benar-benar serius ingin bekerja
3. Saat menjawab pertanyaan, bicara dengan jelas dan to the point.Tatap mata si pewawancara. Jangan ragu-ragu atau malu-malu
4. Postur tubuh sangat penting. Duduklah tegak, jangan makan permen.
g) Jadilah dirimu yang terbaik, dan jangan berbohong atau dibuat-buat.
@ Etika di lingkungan kerja :
1. Bersikap sopan pada rekan kerja, senior , dan atasan.
2. Bersosialisasi di lingkungan kerja.
3. Berkomunikasi yg jelas, dan sopan.
4. Patuhi aturan yg berlaku di perusahaan / kantor.
5. mengerjakan tugas / pekerjaan tepat waktu (ontime)
6. Bisa bekerja sama dengan rekan kerja.
7. Sigap jika di beri pekerjaan tambahan (selalu siap)
8.Bertanggung jawab pada pekerjaan yg di hasilkan.
9.Bersikap ramah pada karyawan bawahan (OB)
10.Tidak bersikap sombong, angkuh .
@ Etika di lingkungan kerja :
1. Bersikap sopan pada rekan kerja, senior , dan atasan.
2. Bersosialisasi di lingkungan kerja.
3. Berkomunikasi yg jelas, dan sopan.
4. Patuhi aturan yg berlaku di perusahaan / kantor.
5. mengerjakan tugas / pekerjaan tepat waktu (ontime)
6. Bisa bekerja sama dengan rekan kerja.
7. Sigap jika di beri pekerjaan tambahan (selalu siap)
8.Bertanggung jawab pada pekerjaan yg di hasilkan.
9.Bersikap ramah pada karyawan bawahan (OB)
10.Tidak bersikap sombong, angkuh .
refrensi : http://albertus-apaajaboleh.blogspot.com/2012/12/makalah-etika-umum-tentang-etika.html
0 comments:
Posting Komentar